WORKSHOP KURIKULUM ILMU HIDUP

KEGIATAN 09 Mei 2019 64

Alhamdulillah Kami segenap Guru Guru Sekolah Islam Alhasyimiyyah telah menyelesaikan Workshop Pembelajaran dengan Mengambil Tema Ilmu Hidup. Acara ini langsung di sampaikan oleh Bpk Pimpinan Pondok Ust. Muhammad Idris. Besar harapan buat guru guru yang tergabung di Alhasyimiyyah mampu menyampaikan Ilmu ilmu hidup kepada seluruh santri yang ada di Sekolah Islam Alhasyimiyyah, supaya Ilmu yang di dapatkan di sekolah bisa langsung di praktekkan setelah santri itu pulang dari sekolah. dan ilmu itu bisa di praktekkan dimana saja.

Jangan biarkan anak didik kita datang  kesekolah setiap hari tanpa mendapatkan ilmu apa apa dan itu terjadi bertahun tahun. Untuk menyampaikan ilmu hidup guru juga harus menambah ilmu agama, karena erat kaitannya Ilmu hidup dengan ajaran agama. Kita sebagai pendidik tentunya ingin sekali santri santri kita mendapatkan ilmu bermanfaat buat dirinya sebagai bekal untuk hidup. Seperti yang di janjikan oleh Allah 1 (satu) kebaikan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat samapai 70 kali lipat sampai 700 kali lipat bahkan tak terhingga terseah Allah, semau Allah mau di kasih berapa kita setelah kita berbuat baik karena Allah.

 

sebagai Pendidik tentunya ingin santri santrinya di dalam kelas paham semua akan ilmu yang disampaikan oleh setiap guru yang masuk dan mengajar di kelas itu. Supaya benar benar jadi ilmu buat seluruh santri bukan hanya sebagian kecil saja tentu santri harus paham akan ilmu yang sudah disampaikan oleh guru tersebut, setelah itu mampu mempraktekkan imu yang sudah di ajarkan oleh guru itu sendiri setelah santri pulang dari sekolah. Karena dengan ilmu yang dia praktekkan dari gurunya tentu akan menjadikan santri itu sendiri memiliki karakter yang diinginkan oleh guru dan juga orang tua. 

 

Salah SATU CONTOH ILMU SHOLAT TENTANG BACAAN DO'A IFTITAH

Tentunya seorang guru diharapkan mampu menyampaikan ilmu tentang bacaan do'a Iftitah sampai Paham dan juga di prakatekkan. dan ini perlu waktu dan juga harus di ulang ulang sampai semua santri yang ada di dalam kelas tersebut bisa semua buka sebagian kecil. Setelah bisa dan hafal kita sebagai Pendidik juga harus memastikan di saat santri kita sholat bacaan Do'a Iftitah yang kita ajarkan benar benar di baca. dan ini perlu praktek yang tidak cukup satu atau dua kali,tapi perlu praktek berulang kali dan itu berlaku untuk setiap santri bukan yang mewakili.

Selain itu yang kita ajarkan harus ada dasar yang jelas dan kuat baik dari Alqur'an atau Hadits Hadits Shohih, bukan asal menyampaikan, supaya yang kita sampaikan benar benar menjadi Ilmu yang bermanfaat dan nantinya akan menjadi amal jariah kita. Aamiin

Masih banyak lagi contoh Ilmu hidup yang lainnya,  Semoga kita semua mampu dan Istiqomah dalam mengajarkan Ilmu Ilmu yang bermanfaat buat santri santri kita. JANGAN SAMPAI MENJADI GURU BERTAHUN TAHUN TAPI HASILNYA NOL .

 Itu Insyallah sedikit gambaran tentang WORKSHOP KURIKULUM ILMU HIDUP, maaf jika ada yang kurang pas dalam penyampaian dan juga pemahaman.

semoga kita semua menjadi hamba hamba Allah Yang Sholeh. dan ini semua adalah dokumentasi kami selama kegiatan Workshop 2 hari di Pondok Pesantren Alhasyimiyyah Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

Semangat guru guru dalam berkonsultasi guna menentukan materi yang akan di sampaikan di semester baru tahun depan. 

Semangat terus buat guru guru di Sekolah Islam Alhasyimiyyah, semoga kita mengajar 1 hari sama dengan mengajar 700 tahun. aamiin 

Pangkalan Bun, 4 Ramadhan 1440 H

By. sekretris Pimpinan