• PSB

Ta'lim Hadits larangan makan dan minum dengan tangan kiri

KEGIATAN 11 Desember 2019 156

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ
 

jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Kajian hadits tentang salah satu ilmu hidup yang sudah di teladankan oleh Rosululloh, Beliau menyampaikan bagaimana adab dan etika kita disaat makan atau minum diantaranya yaitu supaya kita makan dan minum dengan tangan kanan, karena setan minum dengan tangan kiri. harapan setelah hadits ini disampaikan supaya santri santri alhasyimiyyah membiasakan makan minum dengan tangan kanan dan juga sebagai bekal mereka untuk mendakwahkan salah satu ilmu hidup ini kepada keluarga, teman dan orang orang yang mereka cintai dan sayangi.

Indahnya Islam dalam mengatur kehidupan manusia dan bukti kasih sayang Rosululloh kepada ummatnya untuk tidak mengikuti langkah langkah setan khususnya berkenaan dengan adab atau etika disaat kita makan dan minum. Kita sebagai ummat muslim sudah sepatutunya untuk taat kepada hadits ini dan tidak meremehkannya, sebagai bukti kita untuk taat terhadap ajaran islam dan semangat dalam meneladani ajaran Islam yang sudah disampaikan oleh Rosululloh.

Siapa lagi kalo bukan kita yang menghidupkan ajaran Islam. semoga kita semua bisa mempraktekkan dan mendakwahkan satu hadits ini kepada saudara saudara kita dan orang orang yang kita sayangai khususnya dalam etika dan adab di saat kita makan dan minum.
 

By. Sekretaris pimpinan