MELATIH PERCAYA DIRI MELALUI PIDATO

KEGIATAN 25 November 2019 19

Rasa tidak percaya diri biasanya muncul karena grogi yang berlebihan. Terkadang stigma 'salah' juga dianggap sebagai pemicu rasa tidak percaya diri. Sehingga menyebabkan seseorang lupa akan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu, rasa tidak percaya diri juga dilatarbelakangi karena ketidaksiapan kita pada hal yang akan dihadapi. Begitu pula dengan keterampilan berbicara ini perlu asah terus bagaimana kita melatih unutk lancar berbicara khususnya ketika kita akan tampil di depan umum. Dan semua itu bisa kita pelajari, kita latih salah satunya melalui latihan berbicara atau Pidato.

Itulah mengapa Alhasyimiyyah membuat program untuk latihan pidato, Sesuai dengan salah satu misi Alhasyimiyyah yaitu mempersiapkan Generasi Pemimpin Sholeh Masa Depan. Seorang pemimpin harus pandai berbicara, Seorang da'i juga harus pandai berbicara dan semuanya itu memerlukan mental percaya diri. Bagaimana santri yang akan berpidato di depan teman teman mereka dia harus mempersiapkan materi, mental serta percaya diri yang tinggi sebelumnya. Semoga dengan adanya program Latihan Pidato ini bisa menumbukan mental, kepercayaan diri santri serta ketrampilan santri itu sendiri dalam berbicara yang baik dan benar.

Didalam latihan pidato sangat banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan oleh santri, karena di situ ada petugas MC/Pembawa acara, Pembacaan Ayat Suci Alqur'an,Pembicara serta Audience. Petugas pembawa acara dia bisa belajar dan berlatih bagaimana unutk bisa menjadi Pembawa Acara yang bagus sehingga kegiatan hidp dan tidak menjenuhkan. Petugas yang membacakan ayat suci Alqur'an dia bisa belajar bagaimana bisa membaca ayat suci Alqur'an yang bagus dan benar sekaligus  memberikan ilmu dan pengetahuan kepada semua teman temannya atas ayat yang sudah disampaikan beserta artinya. Untuk pembicara ( yang berpidato ) bagaimana dia bisa menyampaiakan materi yang sudah di siapkan dengan baik, dengan tata bahasa yang baik serta mental dan percaya diri yang tinggi. Buat audience bagaimana semuanya bisa menjadi pendengar yang baik sehingga kegiatan bisa berjalan dengan tertib serta melatih diri membiasakan mendengar yang baik baik dari siapapun itu sumbernya. Lihatlah Apa yang di Sampaiakan jangan melihat siapa yang menyampaikan.

Semoga latihan pidato ini bisa diimplementasikan dalam meningkatkan ketrampilan berbicara dan dapat meningkatkan rasa percaya diri sebagai bekal kelak untuk hidup bermasyarakat.

 

by. Sekreteris Pimpinan