• PSB

exploratian day PMR membuat tandu

KEGIATAN 11 Desember 2019 117

Buat teman teman dan sahabat semua tentunya tahu dong apa itu PMR ?

Ayo bergabung dan ikutan dalam kegiatan PMR yang ada di Alhasyimiyyah, karena PMR ( Palang Merah Remaja ) karena dengan kita bergabung di PMR kita bisa menjadi Remaja yang Kreatif dan Berkarakter. PMR adalah wadah yang disediakan oleh PMI ( Palang Merah Indonesi ) untuk membina dan mengembangkan Remaja Remaja Indonesia dan juga termasuk kita semua.  Karena dengan kita ikutan dalam kegiatan ini InsyaAllah banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan diantaranya kita bisa belajar menjadi remaja yanga bersih, sehat, peduli sesama, kreatif dan bersahabat. Selain itu secara otomatis jika kita sudah masuk di dalam anggota PMR kita menjadi bagian dari Palang Merah Indonesia dan juga Palang Merah Dunia.

itulah gambaran singkat dari PMR, untuk kali ini anggota PMR Alhasyimiyyah sedang belajar dan mempraktekkan bagaimana mereka membuat tandu sederhana disaat kedaan darurat. supaya nantinya bisa mereka terapkan disaat ada musibah atau bencana. Tentunya anggota PMR harus sigap, berani, bermental kuat khususnya di saat saat mereka mengahadapi bencana.

Karena PMR adalah wadah pengembangan dan pembinaan buat anggota PMI. Remaja merupakan sasaran prioritas dalam pembinaan PMI karena Remaja adalah kader kader relawan yang sudah disiapkan oleh PMI melalui kegiatan PMR. Remaja berperan penting dalam perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan juga pengambilan keputusan dalam kegiatan PMI. 

Remaja atau Pemuda merupakan tombak masa depan suatu bangsa, dalam ajaran Islam Pemuda merupakan usia yang ideal dan mempunyai banyak kelebihan. sebagaimana salah satu hadits Rosululloh tentang keutaman pemuda :

قَالَ أَبُو بَكْرٍ –وَعِنْدَهُ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ- لِزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ : إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ لاَنَتَّهِمُكَ، وَقَدْ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،

فَتَتَبَّعِ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ

Abu Bakar Radhiyallahu anhu mengatakan kepada Zaid bin Tsâbit saat itu Umar bin al-Khatthab Radhiyallahu anhu berada diantara mereka, “Sesungguhnya kamu laki-laki yang masih muda, cerdas dan kami tidak menuduhmu (berbuat dusta), kamu dahulu menulis wahyu untuk Rasûlullâh, maka sekarang telitilah al-Qur’an itu dan kumpulkanlah ia [HR. Al-Bukhâri]

Gambaran yang sudah di tunujukkan oleh salah satu sahabat Rosululloh yaitu Zaid Bin Tsabit yang saat itu masih muda ditunjuk untuk meneliti dan mengumpulkan lembaran lembaran wayu baginda Rosululloh untuk di kumpulkan menjadi Alqur'an. Mengapa memilih Zaid Bin Tsabit karena beliau tahu bahwa zaid bin tsabit adalah pemuda yang cerdas,daya ingat yang kuat, hafalan yang kuat.

Semoga genresi generasi Sholeh masa depan dan tentunya santri santri kita yg tergabung dalam kegiatan PMR bisa menjadi pemuda yang berkarakter, punya jiwa sosial yang tinggi, mempunyai jiwa peduli yang tinggi dan bisa di salurkan kepada teman teman lainnya yanga ada di sekolah.

by. sekretaris pimpinan