BIRRUL WALIDAYN

KEGIATAN 26 April 2021 69

PROGRAM SEKOLAH " BIRRUL WALIDAYN" 
didesain oleh Sekolah Islam Alhasyimiyyah Pangkalan Bun.

Bismillahirrohmanirrohim, Alhamdu lillahi robbil alamin, Allahumma sholli ala Rosulillah Muhammad SAW, penutup para nabi dan rosul. Sekolah islam Alhasyimiyyah Pangkalan Bun senantiasa berikhtiyar untuk meningkatkan da'wah melalui dunia pendidikan, diantaranya dengan membuat program baru yang diberi nama program BIRRUL WALIDAYN. ( dibaca: mengambil alih pekerjaan orangtua). Program ini adalah pengembangan dari program ILMU HIDUP yang sebelumnya alhamdulillah dinilai berhasil dipraktekkan oleh ALHAS, sapaan akrab kepada sekolah islam alhasyimiyyah Pangkalan Bun ini.

Program baru ini TERINSPIRASI dari:

رِضَى اللهِ فِي رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِي سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Ridhonya Allah ada pada ridhonya kedua orangtua dan murkanya Allah ada pada kemurkaan kedua orangtua

- hadits rosulullah  :

أَفْضَلُ الْاَعْمَالِ اَلصَّلاَةُ َلِوَقْتِهَا وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ

ِِِAmal yang paling utama adalah sholat sesuai dengan waktunya dan berbakti kepada kedua orangtua

- ayat alquran

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
Dan Allah yang memeliharamu telah menentukan, janganlah kamu menyembah kecuali hanya kepadaNYA dan berbuat hasanlah kepada kedua orangtua.

TUJUAN dari program ini adalah:

Beribadah kepada Allah SWT dengan menjalankan amalan amalan sholeh yang paling utama diantara amalan amalan sholeh yang diajarkan oleh agama islam yaitu birrul walidayn.

TARGET dari program ini adalah:

-Semua santri di Alhas dapat mengetahui dan mempraktekkan amalan amalan yang paling utama yang harus dimiliki oleh setiap orang Islam, yaitu birrul walidayn.( taat dan bakti kepada kedua ibu bapaknya).

- Terjaganya, terpeliharanya, lingkungan Islami di Alhas.

- Menumbuhkan lingkungan islami pada keluarga santri santri Alhas. Insyaallah program ini sangat bermanfaat bagi sekolah dalam perannya mendesain para pemimpin sholeh masa depan. (Baca: santri santri alhas adalah pemimpin pemimpin yang sholeh dimasanya)

Bagaimana tata cara melaksanakan program ini? Langkah awal atau gerakan gerakan awal dalam melaksanakan program ini adalah mengetahui dan mengenali terlebih dahulu pekerjaan pekerjaan sehari hari yang dilakukan oleh kedua orangtua khususnya selama dirumah. Guru memberi instruksi atau perintah kepada setiap santri untuk:

1. MELIHAT semua pekerjaan yang dilakukan oleh kedua orangtuanya sehari hari dirumah selama minimal sepekan.

2. MENGAMATI & MEMPERHATIKAN bagaimana cara orangtua melakukan setiap jenis pekerjaan yang dilakukan.

3. MENULIS jenis jenis pekerjaan yang dilakukan oleh orangtua sesuai dengan kenyataan serta memetakan sesuai dengan waktu.(pagi, siang, sore dan malam).

4. Hasil tulisan sesuai nomor 3 diatas, dikumpulkan ke sekolah guna verifikasi dan evaluasi. ( Setelah tulisan diverifikasi oleh sekolah, hasil tulisan dikembalikan kepada santri).

Langkah berikutnya adalah guru memberi instruksi atau perintah kepada setiap santri untuk:

1. Memilih satu atau boleh dua atau maksimal tiga dari diantara jenis jenis pekerjaan orangtua yang sudah ditulis, diperhitungkan dengan matang dan sungguh sungguh bahwa yang dipilih itu adalah akan mampu untuk melaksanakannya/ mempraktekkannya.

2. Melaporkan hasil pilihannya ke sekolah.

3. Atas persetujuan guru, santri memulai kegiatan birrul walidayn

4. Evaluasi setiap bulan untuk mengetahui progress.

Demikianlah gambaran singkat dari program birrul walidayn. Insyaallah bermanfaat bagi kita semua.

Berikut adalah diantara jenis jenis pekerjaan yang dilakukan orangtua santri yang ditulis oleh santri santri alhas:

Menyapu ruangan, Membuka gorden dan jendela, Membuka pintu, Menyapu halaman, Menyalakan mesin air, Menyalakan & Mematikan lampu, Memasak Air dan Nasi, Mengepel, Mengelap dan membersihkan kaca jendela, Mengelap meja, Memasak sarapan didapur Menyiapkan sarapan, Mencuci pakaian, Menjemur pakaian, Mengangkat jemuran, Melipat pakaian, Menyetrika pakaian, Menyusun pakaian kedalam almari, Mencuci piring, gelas, sendok, Membersihkan dapur setelah dipakai memasak, Merapikan kamar tidur, Membersihkan kamar mandi, Membersihkan kulkas, Membuat minuman untuk sarapan, Merapikan rak sandal & sepatu, Memberi makan ikan peliharaan, Memberi makan hewan piaraan, Membersihkan kandang, Menyiram tanaman rumah, Bercocok tanam, Merawat tanaman, Menguras kolam ikan, Menjemur kasur & bantal, Mencuci motor dan sepeda, Mencuci mobil, Menyusun dan membersihkan toko, Mencuci sandal dan sepatu, Menidurkan adik, Menyiapkan makan siang, Menyiapkan makan malam, Mengantar dan menjemput adik mengaji, Menemani adik belajar, Membuang sampah, Jaga warung, Menebang pohon, Mencabut rumput liar disekitar rumah, Mengisi air, Memandikan adik, Memakaikan pakaian untuk adik, Membersihkan kipas angin, Membakar sampah, Membersihkan karpet, Dan seterusnya .... Subhanallah...

Betapa banyaknya pekerjaan orangtua Betapa beratnya menjadi orangtua Ini baru contoh pekerjaan yang dilakukan dirumah. Mereka tidak memperlihatkan keluhan Mereka tidak menceritakan keluh kesah kepada anak anaknya tersayang Belum lagi pekerjaan mereka dalam menafkahi kebutuhan keluarga. Mereka kedua orangtua kita Mereka sangat sayang kepada kita Mereka sangat perhatian pada kita Mereka selalu memikirkan kita Mereka memperjuangkan kita Mereka bekerja banting tulang untuk kita. Bagaimana dengan kita ? Insyaallah program birrul walidayn ini bisa sedikit membantu membahagiakan orangtua kita.