• PSB

Apa saja yang diajarkan di Alhasyimiyyah

KEGIATAN 19 September 2017 556

Banyak hal yang diajarkan sekolah islam  ini.

Termasuk yang Urgent   adalah mengajarkan Ilmu Kehidupan, mengapa diajarkan ilmu kehdiupan ? jelas supaya  hidup ini ada panduan, ada bimbingan untuk menuju hidup yang terarah dan jelas, panduan yang dimaksud adalah  Al Qur'an dan Sunah Rosululloh Muhammad SAW,  agar kita dan semua santri di sekolah islam ini beserta keluarga besarnya mendapatkan kebahagian hidup di dunia dan di akherat.

Apakah ini bersifat mutlak  ? Jawabannya Ya  

Manusia hidup tanpa panduan 2 hal ini maka hidupnya tanpa arti dan nilai, hidupnya tanpa arah dan tujuan.

ini adalah 2 hal penting yang diajarkan disekolah islam Alhasyimiyyah. Dan siapa saja yang menimba ilmu disini harus tahu dan jelas kearah mana Alhasyimiyyah mengantarkan.

Berikut ini adalah contoh-contoh yang di ajarkan disekolah islam Alhasyimiyyah ini.

1. Di sekolah ini diajarkan untuk mendirikan sholat 5 waktu menjadi kebutuhan primer dan kesadaran.

    Termasuk Sholat Jum'at serta sholat sunah yang lain ( Dhuha, Rowatib, Tahajud).

    Mengapa sholat menjadi yang  pertama yang diajarkan ? sebab sholat adalah termasuk amal yang terbaik disisi Allah SWT.

    Bila seseorang ingin menjadi yang terbaik maka beramallah dengan amal yang terbaik.

    Sholat adalah bisa menjadi tolak ukur penilaian seseorang. Bila seseorang sudah menjalankan  sholat 5 waktu  insya  allah dia menjadi orang baik dan mudah untuk diajak berbuat kebaikan, dan begitupun sebaliknya.

Di sekolah ini dibekali untuk mendirikan sholat agar nanti suatu saat santri bila menjadi pemimpin maka kepemimpinannya akan baik dan membawa keberkahan dan kesejahteraan umat.

2. BIRRUL WALIDAYN ( Bakti Kepada Kedua Orangtua).

   Taat dan bakti kepada kedua orangtua adalah termasuk amal yang terbaik setelah sholat.

Disekolah ini juga dibekali cara-cara taat dan bakti kepada kedua orangtua, kalau sudah sekolah di sekolah islam ini harus lebih bisa taat, bakti, hormat, sopan, dan  menurut kepada kedua orangtua. Bila belum bisa taat dan bakti kepada kedua orangtua adalah rugi besar dan dia belum mendapatkan ilmu dari Alhasyimiyyah, kalau tidak ada niat berubah menjadi orang yang taat dan bakti kepada orangtua lebih baik OUT dari sekolah islam Alhasyimiyyah.

Ini adalah 2 hal penting yang diajarkan di sekolah islam Alhasyimiyyah dan siapa saja yang menimba ilmu disini harus tahu dan jelas kearah mana Alhasyimiyyah mengantarkannya.

3. Mengajarkan santri untuk mewujudkan MILLEU keislaman atau lingkungan terdekat disekitar kita, baik disekolah maupun dirumah.

dimulai dari diri sendiri (Keluarga), sekolah, dan sekitar tempat tinggal, agar santri selalu dalam fitroh bekal yang di berikan Allah sejak manusia dilahirkan.

Inilah gambaran lingkungan yang mempengaruhi santri :

Santri perlu  1. Orang tua yang taat beribadah.

                   2. Lingkungan sekitar tempat tinggal islami (baik)

                   3. Sekolah Islam

                   4. Berteman dengan teman-teman yang baik

                   5. Bersosialisasi di masyarakat

Agar menjadi anak-anak yang sholeh. Disekolah sudah di design untuk membentuk lingkungan yang islami

Disekolah Islam ini  anak-anak dibantu dan diarahkan mencari dan berteman dengan teman-teman yang baik di sekolahnya.

Dan juga saat berteman di sekitar tempat tinggalnya

Diajarkan pula bagaimana santri yang sudah dikondisikan baik selama dilingkungan sekolah islam bisa mengajak dan mempengaruhi agar orang lain dilluar sekolah menjadi baik dan bisa melihat indahnya Islam dari baiknya budi pekerti santri.

INGAT...... SEKOLAH PILIHAN ORANGTUA ATAU ANDA sangat menentukan karakter ANDA maka.

PILIHLAH SEKOLAH ISLAM  DAN bantulah buah hati  memilih sekolah islam agar bisa membantu terjaganya  FITROH

4. Disekolah Islam ini diajarkan bagaimana orang islam berpakaian sesuai ajaran islam, bahwa berpakaian sesuai ajaran islam adalah indah, nyaman, dan menenangkan. Tidak ada istilah ketinggalan jaman. Berpakaian sesuai ajaran isam adalah bermartabatdan berdampak positif bagi pemakainya dan bagi yang melihat. Dan disekolah ini santri wajib berpakaian islam dan semoga tetap istiqomah setelah selesai studinya dari Alhasyimiyyah.

5. Disekolah Islam ini diajarkan leadership / kepemimpinan. Program latihan pidato adalah cara membentuk, membekali santri menjadi pemimpin baik latihan pidato resmi yang terjadwal maupun yang tidak resmi / tidak terjadwal.  Kemampuan berbicara didepan umum harus di asah dan dibiasakan. Kemampuan mengatur acara pidato juga tak kalah penting bekal untuk menjadi orang yang percaya diri. Menjadi imam sholat dan menjadi muadzin juga bagian dari kepemimpinan. Ini dipraktek di sekolah ini. Menjadi ketua kelompok dalam pembelajaran berbasis reseach atau penelitian juga di praktekkan di sini.  Menjadi pengurus OSIS, pengurus OP3A ( Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Alhasyimiyyah), juga bagian  dari kepemimpian termasuk kepramukaan ......... Bersambung