• PSB

ALHAMDULILLAH, GURU DIMUDAHKAN ALLAH SWT JALAN KE SURGA

KEGIATAN 04 September 2020 18

 

                               

   Harus disadari & harus dirasakan bahwa Allah SWT telah memudahkan  seorang guru jalan ke surga.(ni' mat hidup diakherat & didunia). Sebagaimana terjemahan hadits Rosulullah " Siapa yang berjalan untuk menambah ilmu, Allah mudahkan baginya jalan ke surga". Berilmu( menambah ilmu, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain/ santri) secara terus menerus hukumnya WAJIB dan sudah jelas ini dilakukan oleh seorang guru. Sejak memilih menjadi seorang GURU, dia sadar bahwa DIA HARUS BISA MENGAJAR. Walaupun awal mulanya ada yang terpaksa, dipaksa, ataupun kepekso. Secepatnya dan sesegera mungkin dia harus bisa mengajar dan menjadi GURU AHLI.

    Target yang harus segera dimiliki: 1.Dia harus banyak membaca dan berkelanjutan. 2.Memiliki kemampuan membaca dengan cepat. 3.Harus cepat percaya diri & mulailah beraksi. 4.Harus cepat paham & cepat memahamkan ke santri. 5.Guru harus memerintah/ mengintruksi santri. Harus bisa memotivasi, mewarnai, mengatur & mengarahkan santri santrinya menjadi orang orang terbaik. Guru juga wajib mengasihi, menyayangi, menghormati, menghargai santri santrinya. Wajib rendah hati dan gak kalah pentingnya wajib berkreasi dan berinovasi....dan seterusnya...harus cepat menyesuaikan diri dengan keadaan & kondisi santri. Bukan santri yang disuruh menyesuaikan diri dengan keadaan& kondisi guru. INSYAALLAH, SEORANG GURU BENAR BENAR DIARAHKAN MENJADI PENGHUNI SURGA. Allah  SWT akan mengangkat derajat orang orang yang berilmu.

     Menjadi manusia yang mulia dan bermartabat sesuai dengan tujuan dan fungsi penciptaannya yaitu bisa menyembah Allah swt dan tetap istiqomah  dan bisa menjadi kholifah fil ardi ( pemakmur bumi). Seorang guru saat menambah ilmu dibentangkan seluas luasnya. Ibarat kata" Dimana ada tempat, disitu ada ilmu. Asal ada niat dan semangat disitu dapat ilmu". Saat mengamalkan ilmunya, semakin ringan karena kepahamannya. Dan saat mengajarkan ilmunya, dia sudah ada wadahnya yakni kepada santri santrinya yang siap menimba ilmu darinya. Dalam hal mengajarkan ilmu seperti ini lebih mudah kalau kita berprofesi sebagai guru. Smoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi kita menjadi guru ahli dan menjadi orang orang terbaik disisi Allah Subhanahuwata'ala. Amin

by.Ust. H.M. Idris-10.10.17