ACTION OF ALHASYIMIYYAH DESIGNING RELIGIOUS FUTURE LEADER

Sekolah Islam Alhasyimiyyah Pangkalan Bun dari tingkat satuan pendidikan SD, SMP & SMA Islam Alhasyimiyyah tentu mempunyai banyak keinginan keinginan yang akan dicapai. Ingin sekolahnya lebih berkualitas, ingin santri santrinya menjadi anak anak yang sholeh, ingin bahasa asing bisa dipraktekkan oleh warga sekolah. Ingin santri santrinya tidak buta agama dan teknologi. Ingin santri santrinya  semuanya nantinya dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun kedepan menjadi pemimpin pemimpin sholeh di buminya Allah Rohman Rohim. Ingin santri santrinya memiliki jiwa kemandirian dan enterpreneur dan segudang keinginan keinginan. Sekolah ingin ini dan itu. Dan kita pun menyadari untuk mewujudkan keinginan keinginan itu tidaklah ringan dan mudah, mau tidak mau, terpaksa atau dipaksakan, kita harus menciptakan lingkungannya. Ya LINGKUNGAN itu harus kita ciptakan alias by design. Kalau lingkungan sekolah itu tidak kita ciptakan, keinginan sekolah hanyalah tinggal keinginan. Tidak akan berubah menjadi kenyataan. Menciptakan lingkungan sekolah yang kita inginkan adalah tugas dan pekerjaan yang luar biasa, perlu kerja keras, loyalitas yang super, komitmen yg tinggi, kebersamaan dan pengorbanan yang luar biasa. Orang orang yang memiliki SEMANGAT LUAR BIASA bisa menciptakan lingkungan sekolah seperti yang diinginkan.(bi idnillah insyaallah). Sekolah islam yang berada di "kota manis " Pangkalan Bun ini mempunyai keinginan keinginan yang harus di desain agar bisa terealisasi. Tanpa by design akan sulit meraih tujuan dan target target yang ingin dicapai sekolah, bahkan bisa jadi kabur, tidak terdeteksi. Kondisi sekolah cenderung statis, kaku dan tertutup dari perubahan. Kagiatan sekolah tanpa by design, yang terasa dan dirasakan adalah kegiatan rutinitas tanpa makna dan tujuan. Sebegitu pentingkah kegiatan by design? Amat sangat penting. Bermula dari by design, tergambarlah tujuan, program program dan target target yang jelas, terarah dan terukur serta memilikikekuatan yang mampu melihat gambaran kedepan.
Sekolah islam ini dengan slogan slogannya " Jangan bosan jadi orang baik". "Lebih baik menjadi manusia cerdas, lebih indah bila tidak buta agama". "Menjadi teladan lebih indah daripada sekedar memberi contoh". "Semua kita bisa karena semangat kita yang luar biasa". "Kita adalah orang orang cerdas". "Kita adalah orang orang yang hebat". Ini adalah sebagian dari slogan yang dimiliki oleh sekolah ini yang sangat memotivasi dan menginspirasi dan penting diadakan disekolah. Semakin banyak slogan, semakin baik, yang penting jangan dibatasi. Dari sinilah muncul ide ide, gagasan gagasan dan kreatifitas yang cemerlang dari pengurus sekolah, kepala sekolah, guru & staff memiliki kesamaan tujuan yaitu mewujudkan sekolah islam dan santri santri yang berkualitas tinggi. Dari sinilah muncul program program baru by design. Dengan fokus utama para pengurus sekolah (pengurus yayasan, pengasuh, direktur, direktris, team work), kepala sekolah, guru & staff harus sadar menjadi orang orang cerdas dan selalu meningkatkan kecerdasannya. Harus berusaha terus menerus membangkitkan kecerdasan diri dan mengeksplore kecerdasan yang sudah dimiliki sejak lahir oleh tiap manusia yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta, Allah Alkholiq.
Peran guru disekolah islam ini tidak hanya mengajarkan sebatas apa yang ada dibuku paket dan LKS, tidak hanya didalam ruang kelas saja. Tidak hanya sekedar ulangan dan semesteran saja, namun lebih daripada itu yaitu menjadi desainer peradaban. Guru mengajari santri, membimbing, mengarahkan, mewarnai, membekali, memotivasi, mensupport, membentuk, mendampingi, menasehati dst...sehingga santri menjadi orang orang yang memiliki kecerdasan sesuai dengan keadaan dan kondisi masing masing. Semua santri bisa meraih kecerdasan dan meningkatkan kecerdasannya tanpa terkecuali. Seorang guru yang cerdas tentu akan menghasilkan santri yang cerdas. Bahkan dalam hal tertentu kecerdasan santri bisa melebihi kecerdasan gurunya. Tapi bagi guru yang belum cerdas tidak akan menghasilkan santri yang cerdas.
Diantara grand design sekolah islam Alhasyimiyyah adalah mendesain santri santrinya untuk menjadi pemimpin pemimpin sholeh masa depan dalam kurun waktu 15 hingga 20 tahun kedepan. Mendesain santri santri untuk menjadi owner ( pemilik pekerjaan dan pembuka lapangan pekerjaan) bukan pekerja / buruh untuk selamanya. Mendesain santri santri untuk menjadi perekat ummat. Mendesain santri santri untuk kemandirian dan berwirausaha (berjiwa enterpreneur). Mendesain santri santri agar menghidupkan masjid masjid. Mendesain santri santri supaya menjadi penemu penemu zaman peradaban. Diantara program program yang sudah berjalan untuk mendukung program grand design adalah pembelajaran berbasis riset & terintegrasi, memperbanyak presentasi, memperbanyak mengadakan festival dan kompetisi, program ORP atau penelitian dan kunjungan keliling dunia. Yang sudah berjalan ke negara malaysia dan singapore dan insyaallah januari nanti ORP ke Jepang. Memperbanyak praktek kewirausahaan. Program ID card tahfid qur'an. ECP (english camp program) English camp intensive. Teacher assistant (guru pendamping bagi santri SMA). Net working (Kunjungan kerja dan menjalin kerjasama dengan sekolah sekolah maju). Program sholat subuh menjadi syarat masuk sekolah dan wajib sholat dhuhur dan asar berjamaah di masjid sekolah sebelum pulang sekolah. Program salam sapa saat masuk sekolah dan kepulangan. Kajian aqidah tiap sepekan sekali dihari sabtu.
Target sekolah adalah semua warga sekolah melaksanakan sholat 5 waktu dengan kesadaran. Bisa membaca Alqur'an dengan lancar. Mengenal hadits hadits yang shoheh. Taat dan bakti kepada orangtua, guru, dan pemimpin yang taat pada Allah dan rosulNya. Dan istiqomah dalam berpakaian islami.
Sedang tujuan didirikan sekolah adalah semua warga sekolah hanya menyembah kepada Allah subhanahu wata'ala. Dan mampu menghadirkan Allah subhanahu wata'ala dalam kehidupan sehari hari. (Merasa dilihat, diperhatikan,  dilindungi, dikasihi, disayangi dst....kapanpun dan dimanapun).